Minggu, 08 Agustus 2010

Aplikasi Telpon Gratis Sesama Kontak Facebook

Facebook memang tempat yang menyenangkan untuk online. Di jejaring sosial ini kita bisa melakukan banyak aktivitas.

Mulai dari mencari profil teman lama, mengomentari status atau fotonya, berkirim pesan, berkomunikasi melalui fitur chat, juga bermain game. Tapi ada yang tak bisa dilakukan melalui Facebook. Yaitu menelepon teman melalui jejaring Facebook.

Untungnya pengembang aplikasi Vonage baru-baru ini memperkenalkan aplikasi baru yang akan melengkapi Facebook. Dengan aplikasi bernama Vonage Mobile for Facebook, pengguna Facebook bisa menelepon teman Facebooknya melalui iPhone, iPod Touch, iPad, maupun ponsel-ponsel Android.

Seperti dilansir San Francisco Chronicle, Vonage memungkinkan gadget-gadget itu saling terhubung melalui jaringan Wi-Fi maupun jaringan selular.

Semuanya bisa dilakukan secara gratis, karena bercakap-cakap menggunakan aplikasi ini tak akan menghabiskan pulsa, tapi mengkonsumsi data. Syaratnya, masing-masing ponsel musti mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu.

Skype memang juga mampu melakukan panggilan telepon gratis lewat protokol internet (Voice over Internet Protocol) semacam ini. Namun, dengan aplikasi Vonage memungkinkan pengguna untuk terhubung ke lebih banyak jangkauan kontak, karena ia memanfaatkan Facebook Contact.

Selain itu, pengguna Vonage untuk Facebook juga bisa mengirim pesan instan kepada kontaknya di Facebook. Untuk ini, penerima pesan instan tak perlu menginstal Vonage terlebih dahulu.

Setelah ini, Vonage tengah mengembangkan fitur lain yang tak kalah bermanfaat. Ke depan aplikasi ini diharapkan bisa mengirim pesan teks maupun panggilan video (video call), yang mungkin saja akan mengutip bayaran. Voyage juga berencana mengembangkan aplikasi ini ke platform mobile yang lebih luas, dan jejaring sosial lainnya.

4 komentar:

  1. Wah ini dia yang ditunggu-tunggu. Kalau bisa gratisan knapa gak yah. Mantap infonya mas

    BalasHapus
  2. wah keren juga nih,, demen gw klo ama yg namanya gratis2 hehe :D mantaf kapan ya diluncurkannya

    BalasHapus
  3. denger2 sih gak lama setelah selebrasi member fb yg ke 500 juta. sama2 kita tunggu. tapi... support ga ya modem kita?

    BalasHapus