Senin, 23 Maret 2015

Sepuluh Tugas Suami

tugas suami masawepdotcomDalam kehidupan rumah tangga, suami dan istri  berinteraksi secara sangat intim dan unik. Dikatakan intim karena mereka berdua bisa melakukan interaksi dalam bentuk yang sangat intim yang tidak boleh dilakukan oleh mereka yang bukan pasangan suami istri. Dikatakan unik karena corak interaksi di antara suami dan istri itu tidak sama dengan corak interaksi antar-manusia pada umumnya. Tidak seperti atasan dengan bawahan, tidak seperti boss dengan karyawan, tidak seperti pimpinan dengan staf.

Karena corak yang intim dan unik itulah, maka diperlukan sejumlah sentuhan metoda dan seni tersendiri untuk menciptakan keharmonisan hubungan di antara mereka. Suami dan istri masing-masing memiliki sejumlah “tugas” yang spesifik terhadap pasangannya agar keduanya berada dalam suasana yang menyenangkan dan melegakan. Istilah “tugas” ini mungkin tidak terlalu tepat, karena saya hanya ingin menunjukkan sesuatu yang mesti dilakukan oleh suami terhadap istri. Bukan dalam kerangka hak dan kewajiban, namun dalam konteks untuk menciptakan kebahagiaan dan keharmonisan hubungan.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tugas suami terlebih dahulu, insyaallah lain waktu akan saya sampaikan tugas istri.

Sepuluh Tugas Suami

Ada banyak tugas yang bisa dilakukan oleh suami agar kehidupan dalam rumah tangga bersama istri tercinta bisa mewujudkan suasana bahagia, harmonis dan produktif.  Berikut sepuluh tugas suami dalam interaksi dengan istri, yang hendaknya selalu diupayakan dalam kehidupan nyata.

Pertama, jadilah suami yang penuh pengertian terhadap istri

Para istri sangat mengharapkan sosok suami yang penuh pengertian. Suami yang memahami kondisi dirinya, suami yang mampu menerima istri apa adanya, suami yang memberikan dukungan yang diperlukan untuk kebaikan istri. Untuk menjadi suami yang penuh pengertian, diperlukan sejumlah ilmu dan ketrampilan. Ilmu untuk mengerti dan memahami kondisi istri, serta ketrampilan mengerti dan memahami istri.

Banyak kondisi dan situasi istri yang harus dipahami dengan baik oleh suami. Sejak dari hal yang sederhana dan sepele, misalnya, menyangkut waktu yang diperlukan oleh istri dalam urusan mandi, berdandan dan berpakaian. Laki-laki itu simpel dalam urusan seperti itu. Bahkan banyak dijumpai laki-laki yang hanya menggunakan satu jenis sabun mandi untuk membersihkan seluruh bagian tubuhnya dari atas sampai bawah saat mereka mandi. Pada kaum perempuan, mereka memerlukan aneka jenis pembersih, untuk setiap bagian tubuh yang berbeda.

Saat berpakaian, kaum perempuan mengenakan lebih banyak jenis pakaian dibanding laki-laki. Apalagi bagi para muslimah yang hendak bepergian keluar rumah, dengan mengenakan pakaian muslimah lengkap. Kaum perempuan sangat perhatian terhadap kesesuaian warna pakaian yang dikenakan, sejak dari warna ‘atasan’, warna ‘bawahan’, warna kerudung, kaus kaki, sepatu dan tas. Belum lagi bros atau pin dan asesoris lain yang perlu dikenakan.

Masih ditambah dengan ‘make up’ untuk mempercantik diri, yang tidak bisa ditinggalkan. Ini menambah jumlah waktu  yang diperlukan untuk melakukan persiapan saat akan bepergian. Suami begitu simpel dalam berpakaian. Sambil berjalan menuju motor atau mobil yang diparkir di depan rumah, mereka menyambar satu baju yang tergantung di kapstok. Dengan cepat mengenakan dan mengancingkan baju sembari berjalan. Kaum perempuan tidak bisa melakukan tindakan seperti ini.

Untuk itu, hendaknya para suami mengerti situasi ini agar tidak mudah memarahi istri ketika sering lambat dalam menyiapkan diri untuk bepergian. Suami dan istri yang sudah sepakat akan berangkat menuju tempat kegiatan jam sembilan pagi, sang suami sudah menunggu di depan rumah sambil memanasi mesin mobil. Namun sampai lewat seperempat jam, sang istri belum juga muncul. Ia masih sibuk mematut diri di kamar. Dandanan dan “make-up”nya belum selesai. Hal seperti ini yang sering membuat suami menjadi uring-uringan.

Apa yang Terjadi Saat Menstruasi

Kaum perempuan mengalami siklus bulanan yang tidak dirasakan oleh laki-laki. Karena para suami tidak mengalami siklus rutin itu, maka seringkali mereka tidak bisa mengerti tentang situasai psikologis maupun fisik istri saat mendapatkan menstruasi. Para suami harus mengerti dengan baik soal menstruasi sehingga bisa empati dengan kondisi istri. Dukungan suami bukan sekedar menyediakan pembalut untuk istri yang tengah menstruasi, namun lebih memberikan perhatian agar kejiwaannya menjadi stabil dan tenang.

Ketika mengalami menstruasi, perempuan sering  merasakan nyeri di sekitar perut. Hampir semua perempuan mengalami kram pada perut saat menstruasi, dan biasanya muncul sesaat sebelum atau hari pertama haid. Kram biasanya berlangsung satu hingga tiga hari, penyebabnya karena kontraksi pada rahim. Jika kontraksi pada rahim terlalu intens, bisa mendorong pembuluh darah akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan timbullah rasa kram yang mengganggu.

Selain kram, endometriosis menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa sakit di perut ketika menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika endometrium (jaringan di sepanjang garis uterus atau rahim) tumbuh keluar uterus. Tanda paling umum terjadinya endometriosis adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Perasaan sakit seperti ini masih ditambah dengan situasi psikologis yang berubah saat menstruasi. Ini yang sering disebut sebagai Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD).

Menurut istilah medis, PMDD adalah kondisi somatopsikis yang dipicu oleh perubahan level hormon steroid yang dihubungkan dengan siklus ovulasi menstruasi. Kondisi ini berlangsung sekitar satu pekan sebelum terjadinya menstruasi, dengan beberapa gejala psikis seperti cemas, tegang, merasa sulit berpikir, labil, mudah sedih, mudah menangis, lebih sensitif, mudah marah, mudah tersulut konflik, sulit konsentrasi, mudah lelah, dan perubahan nafsu makan. Sedangkan gejala fisik meliputi sakit kepala, sakit di bagian dada, nyeri otot dan sendi serta mual.

Hendaknya para suami memahami situasi istri saat mengalami menstruasi sehingga bisa memberikan dukungan yang memadai bagi istri. Suami harus bersikap lebih sabar saat istri menjelang menstruasi atau saat menstruasi, karena suasana kejiwaan istri lebih emosional dan sensitif. Istri menjadi lebih mudah marah, lebih mudah menangis, lebih mudah tersinggung. Maka suami harus lebih maklum saat menghadapi istri yang tengah labil secara emosi, bahkan berusaha untuk menenangkan dan menguatkan kejiwaannya. Bantuan kecil suami saat istri tengah sibuk mengurus keperluan rumah tangga menjadi sangat bermakna.

Itu hanya contoh-contoh kecil dan sederhana, betapa ada banyak sisi dari istri yang harus dipahami oleh suami. Jika suami tidak mau mengerti kondisi tersebut, akan sangat mengganggu perasaan istri. Maka jadilah suami yang penuh pengertian terhadap kondisi istri. Itu tugas pertama dari suami untuk istrinya.

Apa tugas selanjutnya? Tunggu postingan berikutnya.

 

Ditulis ulang dari tulisan Cahyadi Takariawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar